News Image

Dalam rangka mendukung Subang bersih dan lestari, PT DAHANA menyerahkan bantuan alat pemangkas rumput ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang dan masyarakat kelompok tani di sekitar Tatar Sunda. Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Sekretaris Perusahaan PT DAHANA Bayu Anggoro kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang H Hidayat.  Penyerahan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan penanaman 5.000 pohon Holding DEFEND ID di Talaga Sunda Subang, Kamis, 19 Mei 2022.

 

Bayu Anggoro menyampaikan, bantuan ini berasal dari tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT DAHANA sebagai upaya agar 5.000 bibit pohon yang diberikan oleh holding DEFEND ID dapat terawat dengan baik. Bayu mengharapkan, program TJSL tidak sebatas seremonial, namun berkelanjutan dengan pemeliharaannya.

 

“Bantuan ini sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup di Kabupaten Subang secara keberlanjutan setelah program penanaman pohon untuk pemeliharaan tanamannya,” tutur Bayu.

 

Pemerintah Kabupaten Subang saat ini sedang menggalakkan program penanaman tiga juta pohon untuk menghijaukan dan membendung arus perubahan iklim yang semakin terasa. Pada prosesnya, penanaman pohon tersebut harus ditopang oleh sistem perawatan, sehingga pohon yang ditanam tidak mudah mati.

 

Bayu juga menjelaskan, PT DAHANA dalam setiap program TJSL-nya senantiasa memakai prinsip-prinsip Suistanable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Hal ini disadari perusahaan, agar program-program TJSL dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, khususnya Kabupaten Subang.

 

“TJSL DAHANA tahun ini juga memfokuskan programnya pada bidang lingkungan, pendidikan, dan pengembangan UMKM masyarakat. Selain memberikan pohon serta peralatan perawatannya. Tahun lalu DAHANA juga turut dalam penanaman pohon mangrove di Pantai Utara Kabupaten Subang,” tambah Bayu.

 

Selain itu, DAHANA juga tercatat menjadi perusahaan yang memberikan bantuan modal kepada pembudidaya maggot di Subang. Selain dapat meningkatkan perekonomian warga, pembudidayaan maggot juga diharapkan dapat membantu ekosistem kebersihan lingkungan, karena bahan pakan maggot yang berasal dari limbah rumah tangga.

 

TJSL DAHANA berkomitmen untuk maju bersama-sama dengan masyarakat Subang. Bayu menambahkan, pihaknya sebagai ketua Forum TJSL Kabupaten Subang, akan mendukung pemerintah Kabupaten Subang agar maju di bidang lingkungan hidup, pendidikan, dan perekonomian UMKM.

 

“Semoga bantuan DAHANA dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga di masa yang akan datang, anak cucu kita, tetap dapat menikmati Subang yang hijau dan sejuk,” pungkas Bayu.