News Image

PT DAHANA (Persero) merupakan salah satu BUMN berprestasi yang bolak-balik menaiki panggung penghargaan, sudah menjadi tradisi perusahaan bahan peledak berplat merah ini untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen dan seluruh stakeholder, serta turut membantu pembangunan masyarakat Indonesia.

Kinerja baik DAHANA ini akhirnya diganjar penghargaan oleh berbagai macam institusi. Meski berada dalam kondisi pasar yang semakin ketat ditambah dengan kondisi Indonesia yang dilanda pandemik berkepanjangan, DAHANA bukan hanya mampu bertahan, tapi juga turut semakin maju dan berprestasi, berikut adalah penghargaan yang diterima oleh DAHANA sepanjang tahun 2020.

TOP CSR AWARD 2020 - Corporate Social Responsibilty (CSR) atau yang dikenal dengan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) DAHANA mendapatkan dua penghargaan dalam acara TOP CSR Award 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business. Dua penghargaan itu adalah Top CSR Award 2020 Star 3 untuk DAHANA dan Top Leader on CSR Commitment untuk Direktur Utama Budi Antono.

Sejak pendiriannya hingga saat ini, PKBL DAHANA telah melakukan berbagai macam program yang turut membantu strategi perusahaan. Berbagai macam bantuan DAHANA diberikan kepada masyarakat utamanya yang berada di sekitar lingkungan DAHANA beraktifitas, baik berupa bantuan permodalan, pelatihan, hingga pemasaran bagi mitra binaan, atau bantuan dana pendidikan, pembangunan fasilitas, bantuan bagi masyarakat yang terdampak musibah, dan bantuan-bantuan lainnya.

GRC & PERFORMANCE EXCELLENCE AWARD 2020 - Pada hari yang sama saat menerima penghargaan TOP CSR Award 2020, di Auditorium TVRI Jakarta DAHANA turut mendapatkan dua penghargaan dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2020. Penghargaan itu terdiri dari kategori The Best GRC For Performance Management in Operational 2020 (In Manufacturing Industry) dan The Best Corporate Secretary 2020.

GRC & Performance Excellence Award 2020 merupakan ajang corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan (GCG), manajemen risiko, dan manajemen mepatuhan serta ditujukan untuk mendorong perusahaan agar lebih mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap stakeholdernya. Dari 400 perusahaan BUMN dan Swasta yang mengikuti proses seleksi GRC & Performance Excellent, hanya 28 perusahaan berhasil keluar sebagai pemenang, dimana DAHANA adalah satu dari pemenang tersebut.

PENGHARGAAN BUMN MARKETEERS AWARD 2020 - Hari-hari menuju ulang tahun ke-54 DAHANA turut memperoleh penghargaan, kali ini datang dari BUMN Marketeers Award 2020, DAHANA mendapatkan medali Bronze Winner “THE MOST PROMISING COMPANY IN TACTICAL MARKETING” yang diselenggarakan secara daring dalam rangka mendorong berbagai perusahaan untuk terus kreatif, inovatif dan entreprenurial dalam membuka jalan untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Proses seleksi berlangsung sejak Agustus hingga September 2020 diikuti oleh berbagai perusahaan BUMN dan anak usahanya. Menyesuaikan dengan kondisi pandemik, seluruh proses penjurian dan presentasi dilakukan secara online. Pelaksanaan penjurian melibatkan anggota Jakarta CMO Club, Indonesia Marketing Association dan International Council for Small Business di Indonesia.

PENGHARGAAN Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) 2020 - Manager Humas DAHANA Juli Jajuli mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang Silver Winner INSAN PR INDONESIA 2020 Sub Kategori Manager Public Relations pada ajang Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) ke-6 yang diselenggarakan secara daring melalui siaran langsung di Channel Youtube PR Indonesia. kompetisi INSAN PR INDONESIA merupakan bentuk apresiasi kompetensi dan effort kinerja praktisi humas/public relations (PR) yang unggul dari korporasi/organisasi seluruh Indonesia.

Humas DAHANA dalam beberapa waktu belakangan, secara kreatif membuat berbagai macam program komunikasi baik untuk publik dengan memanfaatkan media digital maupun ruang komunikasi sesama karyawan perusahaan bahan peledak tersebut seperti adanya kegiatan Kesenian dan Olahraga (SENIOR DAHANA) dan program Gembira untuk Menulis (Gumelis) yang mengajak para insan DAHANA menyampaikan gagasannya melalui tulisan, serta membangun komunikasi yang baik sesama karyawan.

PENGHARGAAN PRATAMA KEMENTERIAN ESDM - DAHANA site Adaro mendapat penghargaan Piagam Pratama Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara kategori Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan Pemegang IUJP Bidang Peledakan. Prosesi penghargaan dilakukan secara daring melalui akun Youtube Dirjen MinerbaTV pada September lalu. Proses penilaian dibagi dalam tiga tahap, seleksi administrasi, verifikasi online, dan sidang pleno dengan juri yang terdiri dari akademisi dan praktisi pertambangan. Aspek yang dinilai pada penghargaan kali ini meliputi teknik pertambangan, keselamatan pertambangan, lingkungan hidup pertambangan, konservasi mineral dan baturabara, standarisasi dan usaha jasa pertambangan dan batubara.

Demikian adalah penghargaan yang diterima DAHANA di tahun 2020, semoga DAHANA bukan hanya dapat mempertahankan, namun terus semakin maju, DAHANA Be Excellent!.