Dalam rangka mensinergikan komunikasi dan publikasi BUMN, khususnya yang berfokus pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta program Tanggung Jawab Perusahaan (CSR), 14 BUMN berkumpul di Kementerian BUMN RI.

Program sharing dalam rangka wujud komitmen sinergi BUMN ini dipimpin langsung oleh Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga. Acara yang didukung oleh Forum Humas BUMN ini digelar pada Selasa, 10 Desember 2019 di ruang rapat lantai 6 Kementerian BUMN RI.

14 BUMN tersebut adalah PT DAHANA (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Yodya Karya (Persero), PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, PT Amarta Karya (Persero) PT Indra Karya (Persero), PT Perkebunan Nusantara VII, PT Semen Kupang (Persero), PT PDI Pulau Batam (Persero) dan Perum Produksi Film Negara.

Satu persatu BUMN mempresentasikan program CSR yang telah dan akan dilakukannya. Termasuk PT DAHANA (Persero) yang juga turut mempresentasikan capaian CSRnya selama 2019 dan rencana program 2020.

Dengan telaten, Arya Sinulingga mengomentari dan memberikan masukkan kepada masing-masing BUMN. Pesan yang mengemuka dari Staf Khusus III Menteri BUMN ini adalah untuk mencari program unggulan yang dapat meningkatkan brand perusahaan. Selain itu, Arya juga meminta sebaran program CSR tidak menumpuk di Pulau Jawa.

“Kita harus pandai memilih program CSR yang akan menjadi unggulan, biasanya yang iconic sehingga dapat membantu meningkatkan brand perusahaan,” ungkap Arya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT DAHANA (Persero) Asep Maskandar dalam presentasinya menjelaskan bahwa CSR DAHANA juga mendukung kelancaran operasional bisnis perusahaan.
“Beberapa program yang diluncurkan menyasar masyarakat di sekitar project perusahaan, sehingga membantu kelancaran project di lapangan,” ungkap Asep yang didampingi oleh Ketua PKBL Eman Suherman dan Manager Humas & Kelembagaan Juli Jajuli.

CSR DAHANA sendiri memiliki program unggulan dalam Pekan CSR Dahana yang dilaksanakan setiap tahun. Kiprah kepedulian Dahana kepada masyarakat ini diapresiasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan pemberian penghargaan untuk PT DAHANA (Persero).