Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) sekaligus Komisaris Utama PT DAHANA (Persero) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S. mengunjungi Energetic Material Center DAHANA di Subang pada Senin, 1 Maret 2021. Dalam kunjungannya kali ini, Donny didampingi oleh anggota komisaris lainnya, yaitu Irjen. (Pol.) Drs. H. Wahyudi Hidayat, Ir. Rina Moreta Chatab, M.M, dan Ir. Rizky Ferianto,M.A.

 

Dalam sambutannya, Donny mengatakan bahwa pihaknya mendukung industri bahan peledak DAHANA dan semua inovasi yang DAHANA kembangkan.

 

“Seperti yang kita ketahui, bahwa DAHANA itu merupakan salah-satu industri yang bergerak dibidang bahan peledak terbesar di Indonesia, bahkan fasilitas EMC ini merupakan pusat bahan berenergi tinggi terbesar se Asia Tenggara, sudah sepatutnya kita bangga dan mendukung semua inovasi yang DAHANA lakukan,” ungkap Donny.

 

Selama kunjungannya ke DAHANA, Donny melakukan inspeksi kebeberapa tempat area terbatas Ring 1 DAHANA, diantaranya melewati Pabrik Nitrogliserin salah satu pabrik yang digagas oleh Balitbang Kemhan RI, serta melihat langsung proses produksi di Pabrik Detonator Non Elektrik.  Di sini, Sekjen Kemhan berhasil melakukan uji mutu peledakan Detonator Non Elektrik dan mendapatkan sertifikat Juru Ledak Kehormatan.

 

Sebagai Komisaris Utama, Donny berharap DAHANA bisa menjadi BUMN yang sehat dan memberikan banyak konstribusi bagi negara, salah satunya dengan mewujudkan kemandirian program nasional kemandirian alutsista yang dimulai dengan kemandirian industri bahan peledak.

 

“DAHANA sudah mampu membuat Roket R-Han 122B bersama konsorsium roket nasional, Roket R-Han 450, Bom P-100L, Bom P-250L, Bom P-500L, Mobil peluncur roket, dan bahan peledak militer serta komersil lainnya, dengan ini saya yakin kemandirian alutsista dan bahan peledak akan segera terwujud,” pungkas Donny.