Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 semarak dirayakan dimana-mana, dari Sabang sampai Merauke. Tidak ketinggalan, Hari Ulang Tahun Proklamasi juga turut dirayakan oleh karyawan DAHANA yang berada di Site Adaro. Upacara peringatan pun diselenggarakan oleh PT Adaro Indonesia di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, pada 17 Agustus 2019.

Perayaan dimulai dengan upacara kemerdekaan yang dipimpin langsung oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM, M Hendrasto sekaligus pemberi amanah kemerdekaan pada upacara di Site Adaro. Amanah yang disampaikan merupakan amanah langsung mewakili Menteri ESDM Ignasius Jonan dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju.

“Kebijakan pengelolaan energi di Indonesia yang mewujud pada sektor riil ESDM dilaksanakan dalam rangka mengamalkan sila ke lima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Hendrasto.

PT DAHANA (Persero) yang diwakili oleh PJO Site Adaro Sony Marindo menuturkan bahwa Hari Kemerdekaan 17 Agustus selalu jadi momentum yang tepat untuk Bangsa Indonesia dalam mengenang dan menghargai jasa-jasa para Pahlawan Pejuang Kemerdekaan. Hal ini akan membangkitkan jiwa patriotis untuk terus mempertahankan kemerdekaan dan berkontribusi sekecil apapun demi Negara Indonesia tercinta tentunya dengan cara yang bisa dilakukan pada zaman modern ini.

“Salah satu semangat saya ketika masuk DAHANA yaitu karena DAHANA milik negara. Ketika saya berkontribusi banyak untuk DAHANA, otomatis saya berkontribusi untuk Negara,” ujar Sony.

Selain itu, Sony turut berharap pada hari kemerdekaan ini agar DAHANA terus meningkatkan Kompetensi dan ilmu pengetahuan karyawan hingga ke level terbawah di lapangan untuk membentuk SDM DAHANA yang Unggul demi terciptanya Indonesia Maju.

Selain upacara kemerdekaan, perayaan turut dimeriahkan dengan lomba-lomba untuk karyawan dan keluarga karyawan di site. Lomba tersebut seperti lomba kerupuk, lomba dorong bola memakai terong, lomba estafet tepung, RANKING 1, dan lomba tenis meja.

Acara semakin meriah tatkala pembagian hadiah yang ditutup dengan makan siang bersama. Begitulah, banyak cara untuk memeriahkan HUT RI hingga ke penjuru site yang nun jauh dari Kantor Pusat DAHANA yang berada di Subang, Jawa Barat.