Direktur Keuangan & SDM PT DAHANA (Persero) Asmorohadi didampingi oleh Sekretaris Perusahaan Rina Erita melakukan kunjungan ke Kampung Ilmu Tegal Waru Purwakarta, Jawa Barat pada Sabtu 27 Februari 2021. Kunjungan ke Kampung Ilmu Tegal waru kali ini dalam rangka memenuhi undangan dari Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Agus Suharyono.

 

Agus Suharyono menjelaskan, Kampung Ilmu Tegal Waru yang dibangun di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta ini berdiri di lahan seluas 50.407 meter persegi, tempat ini akan menjadi ruang integrasi antara pendidikan formal dan informal. Kampung Ilmu Tegal Waru sendiri digagas oleh sosiolog Universitas Indonesia, Imam Prosodjo.

 

“Proyek pembangunan komplek pendidikan ini tak lepas dari peran berbagai pihak, seperti beberapa perusahaan BUMN dan dinas-dinas pemerintahan lainnya,” ujar Agus.

 

Lanjutnya lagi, Penyematan nama Kampung Ilmu itu sendiri adalah istilah dari kompleks pendidikan moderen yang berawal dari pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Tegal Waru. Gedung sekolah ini lalu dirancang terintegrasi dengan pusat-pusat pembelajaran komunitas informal di sekitarnya.

 

Sementara itu disela-sela kunjungan ke Kampung Ilmu Tegal Waru, Direktur Keuangan & SDM DAHANA Asmorohadi mengatakan, dirinya sangat takjub dengan dibangunnya komplek pendidikan yang terintegrasi ini. Asmorohadi sangat mengapresiasi pihak-pihak yang ikut dengan proyek pembangunan Kampung Ilmu Tegal waru.

 

“Dengan dibangunnya komplek pendidikan disini mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat sekitar khususnya yang berada di Purwakarta,” ucap Asmorohadi.

Asmorohadi melanjutkan, hal ini sama seperti DAHANA yang telah membangun Taman Bacaan DAHANA atau Taman Canda. Taman Canda yang beralamat di Jl. Raya Subang – Cikamurang Km. 12 Cibogo Subang ini merupakan kawasan yang memadukan konsep edutainment.  Di Taman Canda terdapat taman bacaan masyarakat hasil kolaboratif dengan Balai Pustaka, Museum Bahan Peledak (IMEX), Play Land untuk area bermain anak dan yang terbaru adalah wifi corner gratis.

 

“Pengelola Taman Canda selama ini telah berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk menyelenggarakan event bersama seperti perlombaan-perlombaan untuk siswa dari tingkat anak-anak hingga sekolah lanjutan.  Seperti halnya dalam pelaksanaan PEKAN CSR DAHANA 2020 kemarin, panitia menggelar Pekan Ceria di Taman Canda yang bekerjasama dengan Himpaudi dan KKG Kecamatan Cibogo Subang,” pungkas Asmorohadi. (Rmt)