PT DAHANA menyabet tiga penghargaan pada gelaran Penutupan Bulan K3 PT Semen Padang. Tiga penghargaan itu adalah Perusahaan Jasa Pertambangan (PJP) Terbaik di Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang, Penanggung Jawab Operasional (PJO) Terbaik di Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang, dan Simulasi Tim Tanggap Darurat Terbaik di Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang. Penghargaan diserahkan melalui zoom meeting pada Senin, 7 Maret 2022.

 

Penanggung Jawab Operasional (PJO) DAHANA site Semen Padang, Melandra Wahyu Dwiputra, menyampaikan, penghargaan ini didapat berkat seluruh dukungan, baik oleh manajemen DAHANA, maupun seluruh karyawan DAHANA yang bekerja di Jobsite Project PT Semen Padang.

 

“Alhamdulillah, Terima kasih atas semua support tim Manajemen DAHANA serta semua tim Pasukan Katak Divisi Kuari dan Konstruksi. Semoga dengan pencapaian ini dapat terus memotivasi kita untuk lebih baik lagi kedepannya,” ujar Wahyu.

 

Wahyu juga menjelaskan, pelaksanaan penilaian dihitung berdasarkan kinerja Safety Performance DAHANA JsP Semen Padang selama periode tahun 2022, serta untuk masa penilaian dan evaluasi pada bulan Januari hingga Februari 2022, dalam rangka Pelaksanaan Bulan K3 PT Semen Padang.

 

DAHANA secara keseluruhan berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi ditetapkan sudah menerapkan aspek kaidah pertambangan yang baik (good mining practice) di lingkup wilayah izin usaha pertambangan PT Semen Padang. Seluruh penilaian dilakukan secara teliti oleh Departemen Tambang & Pengolahan Bahan Baku PT Semen Padang.

 

Wahyu menilai, pencapaian DAHANA ini juga membuktikan, perusahaan yang menjadi kiblat bahan peledak Indonesia itu memiliki perhatian penuh terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karyawan dalam melakukan pelayanan. Setiap harinya, karyawan DAHANA melaksanakan Pertemuan 5 Menit (P5M) untuk memastikan keselamatan pekerja, sekaligus membahas isu-isu K3 yang dihadapi pada hari sebelumnya.

 

Selain itu, DAHANA juga memiliki sistem laporan Health, Safety, and Environment (HSE) yang digunakan sebagai metodologi untuk mempelajari dan menerapkan aspek-aspek praktis dalam melindungi lingkungan, dan menjaga kesehatan serta keselamatan bagi setiap karyawan DAHANA.

 

Pada peringatan bulan K3 tahun ini, DAHANA juga sedang mengembangkan aplikasi HSE untuk mentransmigasi laporan-laporan manual ke dalam sistem digital. Aplikasi HSE diharapkan dapat berguna untuk melakukan otomasi pencatatan, pelaporan, dan pembuatan insight laporan dari HSE yang disampaikan oleh karyawan di lapangan.