Dalam rangka memenuhi kebijakan Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan RI, PT DAHANA (Persero) memperpanjang sertifikat Military Production dan Military Production Facility. Kepala PUSLAIK KEMHAN Laksamana Pertama Teguh Sugiono menyerahkan secara langsung kedua sertifikat kepada DAHANA di Kantor Puslaik Kemhan, Jakarta, Rabu, 28 Desember 2021.

 

Menurut Direktur Teknologi & Pengembangan DAHANA Suhendra Yusuf RPN, sertifikat dari Puslaik Menhan merupakan kebutuhan perusahaan untuk menaikkan kepercayaan stakeholder, bahwa fasilitas produksi dan produk militer milik DAHANA dapat diproduksi sewaktu-waktu ada permintaan dari konsumen.

 

“Sertifikat ini kami perpanjang setiap tahunnya, untuk meyakinkan user bahwa produk-produk militer kita, siap diproduksi dengan fasilitas yang layak dan tersertifikasi oleh otoritas Kementerian Pertahanan,” ujar Suhendra.

 

Pada sertifikat Military Production Facility, Puslaik Kemhan menyatakan bahwa DAHANA telah memenuhi semua aspek yang ditentukan oleh Petunjuk Pelaksanaan Dirjen Fasilitas Pertahanan bernomor Juklak/498/XII/2014 tentang pendirian organisasi yang disetuji dan diberikan kewenangan untuk beroperasi sebagai fasilitas produksi militer.

 

Selain itu, pada Military Production Certificate, DAHANA mendapat percayaan kembali pada produk-produk bom seperti Bom P-100 Live, Bom P-250 Live, dan Bom P-500 Live. Dimana pada sertifikat dikatakan bahwa ketiga produk tersebut telah diproduksi sesuai dengan data yang otentik termasuk spesifikasi desain yang telah diterima oleh Kementerian Pertahanan. Fasilitas, metode dan prosedur yang disertifikasi memadai untuk melakukan proses produksi ketiga bom tersebut.

 

Bom P Series merupakan bom-bom berbahan dasar TNT yang diaplikasikan pada pesawat Sukhoi berkemampuan ledak dengan efek pecahan yang dapat menghancurkan bangunan, pondasi bunker, serta benda bergerak di area yang luas. Selain itu, Bom P Series masuk ke dalam kategori bom High Drags General Purpose (HDGP), yang terbagi menjadi empat bagian utama seperti, Noze Fuse Bom Assembly, Suspension Lugs Bom, Body Bom Assembly, dan Tail Bom Assembly.