PT DAHANA (Persero) meraih anugerah keterbukaan informasi publik pada kategori “Menuju Informatif” yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).   Pengumuman anugerah hasil monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang diikuti oleh 337 Badan Publik ini diselenggarakan secara hybrid melalui virtual meeting pada Selasa, 26 Oktober 2021.

 

DAHANA merupakan salah satu badan publik yang berhasil naik kelas dari kategori “Kurang Informatif” pada tahun 2020 menjadi “Menuju Informatif” di tahun ini.  DAHANA hingga saat ini terus berinovasi dalam rangka memberikan informasi perusahaan kepada publik melalui portal perusahaan di dahana.id yang memiliki informasi terkait produk, kegiatan perusahaan, CSR, hingga laporan buku tahunan DAHANA. Selain itu terdapat kolom PPID https://www.dahana.id/ppid/ yang memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi perusahaan.

 

“Pencapaian ini merupakan langkah maju untuk terus memberikan pelayanan informasi terbaik kepada stakeholders Dahana,” tutur Ahyanizzaman, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM.

 

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana menyampaikan, Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia mengalami perubahan mengarah kearah perbaikan pengelolaan dan pelayanan informasi publik sebagaimana dari tujuan yang diamanatkan UU KIP, karena terdapat kenaikan jumlah Badan Publik informatif dan menuju informatif serta penurunan jumlah badan publik cukup informatif, tidak informatif dan kurang informatif dari tahun 2020.

 

Sebelumnya, pada bulan Mei lalu, DAHANA bersama-sama BUMN Industri Pertahanan menyambangi Komisi Informasi Pusat dalam rangka mempelajari Keterbukaan Informasi Publik, hal apa saja yang wajib untuk diinformasikan kepada publik serta informasi apa yang tak dapat disampaikan kepada publik mengingat BUMN Industri Pertahanan memiliki kaitan dengan keamanan dan pertahanan Negara.

 

“Kabar baiknya lagi, 5 BUMN Klaster Industri Pertahanan semuanya mengalami peningkatan level menjadi lebih baik dari tahun lalu,” tutup Ahyanizzaman.