Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi tumpuan penguatan perekonomian masyarakat, kehadirannya pun mampu meningkatkan angka kesejahteraan. Karenanya, keberadaan UMKM perlu ditopang dan didorong untuk terus bertahan serta berkembang.

Pembinaan serta bantuan permodalan untuk pelaku usaha ini bisa menjadi salah satu solusi. Karenanya, sangat diperlukan lembaga-lembaga lain yang sangat peduli terhadap perkembangan perekonimian bagi pelaku UMKM.

PT DAHANA (Persero) melalui Unit Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) turut serta menjadi bagian yang peduli terhadap pelaku UMKM, dengan program kemitraannya DAHANA memberikan bantuan permodalan bergulir untuk pelaku usaha.

DAHANA berharap dengan bantuan permodalan yang diberikan kepada UMKM mampu menggenjot perkembangan usaha penerima manfaat. Tahun 2018, PKBL telah merumuskan suatu program tepat sasaran bagi permodalan usaha UMKM.

Sejak Maret 2018 lalu, PKBL DAHANA telah meluncurkan sebuah pilot project program kemitraan permodalan usaha bergulir yang tersentralisasi disuatu daerah, program ini dinamakan Kampung DAHANA.

Program Kampung DAHANA ini untuk pertama kalinya direalisasikan di tanah kelahiran DAHANA yakni Tasikmalaya. Perusahaan penghasil bahan peledak ini telah membina, melakukan pendampingan serta memberikan permodalan untuk belasan pelaku usaha kerajinan alas kaki yang berada di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Para pengrajin alas kaki seperti sendal dan sepatu ini tersentralisasi di satu daerah, tepatnya di Kampung Cigantang Girang RW 07. Di daerah ini ada sekitar 15 pelaku usaha yang telah mendapat suntikan permodalan dari DAHANA.

Ketua PKBL DAHANA, Eman Suherman menuturkan bahwa permodalan yang diberikan Dahana untuk pengrajin alas kaki ini nilainya mencapai 300 juta.

“Untuk program kemitraan pertama ini setiap pengrajin mendapat permodalan berbeda-beda tergantung kekuatan produksi usahanya, dana yang diberikan mulai 5 juta sampai 50 juta,” ungkap Eman Suherman.

Kampung DAHANA di Resmikan
Setelah beberapa bulan diluncurkan, akhirnya pada Rabu 26 Desember 2018, Kampung DAHANA diresmikan. Direktur Keuangan & SDM Dahana, Asmorohadi meresmikan langsung Kampung Alas Kaki DAHANA.

Daerah yang berada di RW 07, Kampung Cigantang Girang, Mangkubumi, Tasikmalaya, kini telah resmi memiliki nama penyebutan lain yakni Kampung DAHANA, kampung para pengrajin alas kaki binaan DAHANA.

Peresmian Kampung DAHANA ini ditandai dengan berdirinya sebuah gapura di pintu masuk jalan kampung menuju area industri alas kaki Cigantang Girang. Gapura ini tampak kokoh berdiri di samping ruas Jl. Jenderal Ahmad Yani, yang merupakan jalan provinsi lintas daerah.

Gapura ini memiliki tanda khusus dengan corak ornamen berwarna-warni, juga terdapat icon alas kaki yang ditengahnya tertulis “Kampung Alas Kaki Dahana”. Kepada media, Asmorohadi menerangkan bahwa gapura pintu gerbang masuk perkampungan ini dalam pembangunannya bersinergi dengan BNI dan Jasindo. Dibuat sebagai media promosi untuk memperkenalkan dan menunjukan bahwa di kampung tersebut terdapat industri kerajinan alas kaki sendal dan sepatu.

“Kami mendirikan gapura ini sebagai icon promosi bersama sekaligus sebagai tanda bahwa PT Dahana (Persero) dilahirkan dan dibesarkan di Tasikmalaya,” ungkap Asmorohadi.

“Gapura dibangun di tempat yang strategis, di ruas jalan provinsi perlintasan kendaraan antar Kabupaten , jadi memungkinkan bakal banyak orang yang tahu, dengan harapan dapat menarik para pelaku usaha,” imbuhnya.

Pada acara peresmian Kampung DAHANA ini selain membangun monumen gapura, DAHANA juga menyalurkan program Bina Lingkungan dengan berbagai macam jenis bantuan, seperti pembangunan MCK, santunan anak yatim, pembagian sembako, bantuan sarana ibadah, dan bantuan sarana kebersihan.

“Alhamdulillah, hari ini kami pun menyalurkan bina lingkungan berupa 2 unit MCK, 100 tong sampah, 2 gerobak sampah, bantuan sarana untuk masjid, dan 150 sembako gratis untuk warga yang tidak mampu. Untuk santunan anak yatim telah dilaksanakan sebelumnya,” kata Asmorohadi.

Pada penghujung sambutannya, Direktur Keuangan & SDM Dahana ini menuturkan harapannya kepada para penerima manfaat, “Untuk para mitra binaan, semoga dengan adanya Kampung Alas Kaki Dahana ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk-produknya. Semoga semakin maju dan sejahtera” pungkasnya.